Selasa, 08 Juni 2010

Pelatihan Pengenalan Ubuntu Desktop

Pelatihan Pengenalan Ubuntu Desktop

Yogyakarta. Pelatihan pengenalan ubuntu desktop sebenarnya merupakan pengenalan desktop ubuntu mulai dari pengenalan menu, shortcut, dan jenis-jenis aplikasi di Linux. Pelatihan yang dimulai pada Senin (03/12/07) ini meliputi materi berupa pengenalan main menu yang dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu Applications, Places, dan System. Masing-masing kelompok memiliki pembagian seperti Applications merupakan menu tempat seluruh aplikasi di Linux, Places biasanya berupa tempat kerja user, network, dan device, sementara System lebih mengarah pada administrasi sistem.

Pada Hari pertama, Materi lebih banyak mengarah pada pengenalan desktop dan penggunaan aplikasi seperti Firefox, pidgin, audacious dan Mplayer yang biasanya merupakan kebutuhan sehari-hari staff administrasi. Firefox merupakan aplikasi yang digunakan untuk browsing internet, pidgin digunakan untuk chatting, audacious digunakan untuk pemutar mp3, dan Mplayer digunakan untuk pemutar video. Dan untuk aplikasi office merupakan materi terpisah yang diberikan pada pelatihan selanjutnya.

desktop.JPG

Pemateri juga mengulang beberapa kali materi-materi ini karena peserta masih bingung dalam menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Hari kedua, materi-nya adalah mengubah bentuk desktop sehingga mirip windows, jadi bisa dibilang materi pada hari kedua lebih berupa kustomisasi desktop. Sengaja diberikan materi ini, karena ternyata peserta lebih suka jika menu terletak pada kiri bawah, bukan kanan atas seperti default Ubuntu. Materi kustomisasi ternyata cukup sulit di ikuti oleh peserta karena kebanyakan dari peserta tidak terbiasa dengan aktivitas ini, walaupun sebenarnya cukup klik sana sini, peserta sudah bisa menikmati hasilnya.

desktop2.JPG

Walaupun begitu minat peserta untuk menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut cukup tinggi, bahkan pada hari-hari setelah pelatihan pengenalan ubuntu desktop, peserta sudah dapat chatting, mendengarkan lagu, dan nonton film, meskipun di selingi mendengarkan materi pelatihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar