Selasa, 08 Juni 2010

CorelDRAW

orelDRAW adalah editor grafik vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation di Ottawa , Kanada . Itu juga merupakan nama yang Graphics Suite Corel. Its versi terbaru, yaitu X5 (sebenarnya versi 15), dirilis pada bulan Februari 2010.

Sejarah

Pada tahun 1987, Corel merekrut insinyur perangkat lunak Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi berbasis vektor untuk bundel dengan desktop publishing sistem mereka. Program tersebut, CorelDRAW, awalnya dirilis pada tahun 1989.CorelDRAW 1.x dan 2.x berjalan dibawah Windows 2.x dan 3.0. CorelDRAW 3,0 datang ke sendiri dengan rilis Microsoft Windows 3.1. Dimasukkannya TrueType dalam Windows 3.1 CorelDRAW ditransformasikan ke dalam program ilustrasi serius mampu menggunakan diinstal font-garis besar sistem tanpa membutuhkan perangkat lunak pihak ketiga seperti Adobe Type Manager ; dipasangkan dengan program pengedit foto (Photopaint), seorang manajer font dan beberapa karya lain perangkat lunak, itu juga bagian dari pertama all-in-one suite grafis.

[ suntingFitur]oleh versi

  • Ver. 2 (1991): Amplop alat (untuk teks distorsi atau objek menggunakan bentuk primer), Blend (untuk morphing bentuk), Extrusion (untuk simulasi perspektif dan volume pada objek) dan Perspektif (untuk mendistorsi objek sepanjang sumbu X dan Y).
  • Ver. 3 (1992): Termasuk Corel PHOTO-PAINT * (untuk mengedit bitmap), CorelSHOW (untuk membuat presentasi di layar, CorelCHART (untuk kartu grafis), Mosaic dan CorelTRACE (untuk vectorizing bitmap). Dimasukkannya software ini merupakan preseden yang untuk suite grafis yang sebenarnya.
  • Ver. 4 (1993): Termasuk Corel PHOTO-PAINT * (untuk mengedit bitmap), CorelSHOW (untuk membuat presentasi di layar, CorelCHART (untuk kartu grafis), CorelMOVE untuk animasi, Mosaic dan CorelTRACE (untuk vectorizing bitmap) Halaman Multi-kemampuan. , Powerlines, dukungan untuk tablet grafis, fasilitas Clone, mengedit node elastis, Amplop alat.
  • Ver. 5 (1994): Ini adalah versi terakhir yang dibuat untuk, dan bekerja pada Windows 3.x. Corel Ventura yang termasuk dalam suite (dan kemudian dijual sebagai program terpisah). Ini adalah sebuah aplikasi desktop publishing mirip dengan PageMaker, Quark Express, atau InDesign.
  • Ver. 6 (1995): Ini adalah versi pertama yang dibuat khusus untuk Windows 32-bit. Fitur-fitur baru yang disesuaikan antarmuka, Polygon, Spiral, Knife dan alat Eraser. Corel Memo, Corel Presents, Corel Motion 3D, Corel Depth, Corel Multimedia Manager, Corel font Master dan Corel DREAM (untuk 3D modeling) termasuk dalam suite.
  • Ver. 7 (1997): Properti sensitif bar-Konteks, Print Preview dengan Zoom dan Pan pilihan, Scrapbook (untuk melihat drag-dan-menjatuhkan objek grafis), Publikasikan ke pilihan HTML, Konsep dan pilihan tampilan Enhanced, Interaktif Isi dan alat Blend, Transparansi alat, alat Pen Alam, Cari & Ganti wizard, Convert Vector ke pilihan Bitmap (dalam Draw), Spell checker, Thesaurus dan Grammar checker. suite meliputi Corel Scan dan Corel Barista (format pertukaran dokumen berbasis Java).
  • Ver. 8 (1998): Digger seleksi, Docker windows, Interactive Distortion, 3D, Envelope dan alat, alat Dropshadow realistis, interaktif pencampuran warna, palet warna editor, pedoman sebagai obyek, halaman berukuran custome, dukungan duotone. Corel Versi yang termasuk dalam suite.
  • Ver. 9 (1999): alat mengisi Mesh (untuk warna kompleks mengisi), Artistik Media alat, Publikasikan ke fitur PDF, tertanam profil warna ICC, Multiple On-Palet Warna layar dan Microsoft Visual Basic for Applications 6 dukungan. suite meliputi Canto Cumulus LE, sebuah software untuk manajemen media.
  • Ver. 10 (2000): CorelR.AVE (untuk animasi vektor), Perfect Shapes, grafis Web tools (untuk membuat elemen interaktif seperti tombol), Halaman penyortir, dukungan dokumen multibahasa, navigator jendela. Membuka, menyimpan, impor dan ekspor di SVG format. [1]
  • Ver. 11 (2002): Simbol perpustakaan, mengiris gambar (untuk desain web), sensitif vektor sikat-tekanan, titik gambar alat-3.
  • Ver. 12 (2003): panduan Dinamis, Smart Alat bantu menggambar, Ekspor ke MS Office Word atau pilihan, Virtual Segmen Hapus alat, dukungan Unicode teks.
  • Ver. X3 (2006): Double klik Crop tool (software vektor pertama dapat tanaman kelompok vektor dan gambar bitmap pada saat yang sama), Smart mengisi alat, talang / Fillet / Kerang / Emboss tool, Image Adjustment Lab. Trace menjadi terintegrasi dalam Draw bawah PowerTRACE nama.
  • Ver. X4 (2008): Whatthefont font identifikasi layanan terkait di dalam CorelDraw, ConceptShare, alat Tabel, lapisan Halaman independen, format teks hidup, dukungan untuk file RAW kamera. [2]
  • Ver. X5 (2010): Built-in organizer konten (CorelCONNECT), manajemen baru warna, web grafis dan animasi alat, inti peningkatan kinerja multi, bernilai tinggi digital konten (font profesional, seni klip, dan foto), alat Mesh ditingkatkan dengan Pilihan transparansi, menambahkan dukungan sentuh, dan baru format file yang didukung. [3]

[ sunting ]Baca / tulis dukungan

CorelDRAW
versi
Mendukung membaca file
dari versi
Mendukung menulis file-file
untuk versi
Dirancang untuk versi Windows
1112,1 (1,2 pula untuk Win30)
21, 21, 23,0
31, 2, 32, 33,0, 3,1 (pilihan)
41, 2, 3, 43, 43,1
51, 2, 3, 4, 53, 4, 53,1
63, 4, 5, 65, 695
73, 4, 5, 6, 75, 6, 795, NT 4
83, 4, 5, 6, 7, 86, 7, 895, NT 4
93, 4, 5, 6, 7, 8, 95, 6, 7, 8, 995, 98 , NT 4
1010 10 98, Me , NT 4, 2000
1111 11 98, Me, NT 4, 2000, XP
1212 12 2000, XP
X3 (13)X3 7, 8, 9, 10, 11, 12, X32000, 2003 , XP ( 32-bit , 64-bit ), Vista (32-bit only)
X4 (14)7 sampai X4 X4 XP, Vista, (32-bit, 64-bit)

† CorelDraw 10 sampai X4 dapat membuka file versi 3 dan kemudian, tetapi fitur tertentu mungkin tidak didukung.
‡ Daftar format file itu ke CorelDraw 10 X4 dapat menulis mungkin tidak lengkap dalam tabel ini.

[ sunting ]Fitur

[ sunting ]Platform yang didukung

CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk Windows dan Microsoft saat ini berjalan pada Windows XP , Windows Vista , dan Windows 7 . [4] Versi saat ini, X5, dirilis pada tanggal 23 Februari 2010.

Versi untuk Mac OS dan Mac OS X berada di satu waktu yang tersedia, tetapi karena ini adalah penjualan miskin dihentikan. Pelabuhan terakhir untuk Linux adalah versi 9 (dirilis pada tahun 2000, itu tidak berjalan secara native, melainkan menggunakan versi modifikasi dariWine untuk menjalankan) dan versi terakhir untuk OS X adalah versi 11 (dirilis pada tahun 2001). Selain itu, sampai versi 5, CorelDRAW dikembangkan untuk Windows 3.1x , CTOS dan OS / 2 .

[ sunting ]Karakteristik fitur

Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor berasal CorelDRAW: edit node-alat yang beroperasi secara berbeda pada objek yang berbeda, teks-pantas-jalan, stroke-sebelum-mengisi, mengisi cepat / palet stroke pemilihan warna, proyeksi perspektif, mesh mengisi dan kompleks gradien mengisi. [ rujukan? ]

CorelDRAW membedakan diri dari pesaingnya dalam beberapa cara:

Yang pertama adalah posisi sebagai suite grafis, bukan hanya program grafis vektor. Berbagai alat editing penuh memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kontras, warna keseimbangan, mengubah format dari RGB ke CMYK , tambahkan efek khusus seperti esai pendek dan perbatasan khusus untuk bitmap. Bitmap juga dapat diedit lebih ekstensif menggunakan Corel Photopaint , membuka bitmap secara langsung dari CorelDRAW dan kembali ke program setelah tabungan. Hal ini juga memungkinkan laser untuk memotong gambar apapun.

CorelDRAW mampu menangani beberapa halaman master bersama dengan beberapa lapisan. dokumen multipage mudah untuk membuat dan mengedit dan mesin cetak Corel memungkinkan untuk booklet dan pemaksaan lainnya sehingga bahkan printer sederhana dapat digunakan untuk memproduksi dokumen selesai. Salah satu fitur yang berguna untuk dokumen tunggal dan multi-halaman adalah kemampuan untuk membuat kotak teks terkait di seluruh dokumen yang dapat diubah ukurannya dan dipindahkan sementara teks itu sendiri ulang dan mengalir melalui kotak-kotak. Berguna untuk membuat dan mengedit newsletter multi-artikel dll

item yang lebih kecil, seperti kartu nama, undangan dll, dapat dirancang untuk ukuran akhir halaman dan ukuran kertas yang dikenakan kepada printer untuk mencetak hemat biaya. Tambahan cetak-menggabungkan fitur (menggunakan spreadsheet atau menggabungkan file teks) memungkinkan personalisasi penuh untuk banyak hal seperti nomor tiket undian, undangan kartu keanggotaan individu, dan banyak lagi.

CorelDRAW's pesaing termasuk Adobe Illustrator dan Xara Xtreme . Meskipun semua ini adalah program ilustrasi berbasis vektor, pengalaman pengguna sangat berbeda antara mereka. Meskipun program-program ini akan membaca jenis file asli mereka dan sebaliknya, terjemahan jarang sempurna. CorelDRAW dapat membuka Adobe PDF file: Adobe PageMaker, Microsoft Publisher dan Word, dan program lain dapat mencetak dokumen ke PDF menggunakan Adobe PDFWriter driver printer, yang CorelDRAW dapat membuka dan mengedit setiap aspek tata letak asli dan desain. CorelDRAW juga dapat membuka Presentasi PowerPoint dan Microsoft Office format lainnya dengan atau tanpa masalah kecil [5] .

CorelDRAW adalah salah satu dari beberapa program yang print preview hampir selalu apa yang sebenarnya cetakan [. rujukan? ]

[ sunting ]CorelDRAW Graphics Suite

Corel Capture X4

Seiring waktu, komponen tambahan dikembangkan atau diakuisisi dan digabungkan dengan CorelDRAW. Daftar paket dibundel biasanya agak perubahan dari satu rilis ke yang berikutnya.Ada beberapa andalan yang tetap dalam paket untuk rilis banyak sekarang, bagaimanapun: PowerTRACE (a bitmap ke vektor grafis converter), PHOTO-PAINT (sebuah bitmap editor grafis), dan CAPTURE (sebuah utilitas menangkap layar).

Versi saat ini dari X5 CorelDRAW Graphics Suite (versi 15), berisi paket-paket berikut:

  • CorelDRAW: Vector graphics editing software
  • Corel PHOTO-PAINT : Raster image penciptaan dan editing software
  • Corel CONNECT : Konten organizer
  • Corel CAPTURE: Memungkinkan beberapa metode-pengambilan gambar
  • Corel PowerTRACE: gambar raster Mengkonversi untuk grafis vektor (tersedia dalam program CorelDraw).

[ sunting ]Trivia

  • Maskot perangkat lunak pada awalnya seorang pria berkumis dengan topi yang disebut Waldo. "Waldo" adalah kode nama untuk versi pertama.
  • Versi pertama font CorelDRAW termasuk milik sendiri, yang telah ekstensi wfn (. Waldo font).
  • CorelDRAW sebenarnya dapat digunakan untuk membuat TrueType font sejak versi 3, meskipun dari kerning menciptakan pasangan masih tidak dapat disesuaikan di dalam program. Kemudian versi CorelDRAW juga dapat mengekspor dan OpenType font PostScript. [6]
  • Pada tahun 1998, sebuah ilustrasi vektor dari Hedy Lamarr wajah 'digunakan oleh Corel Corporation pada kemasannya dan publisitas untuk perangkat lunak 8 yang CorelDRAW. Lamarr digugat Corel untuk kerusakan yang berkaitan dengan penyalahgunaan rupa-nya.Kasus ini diselesaikan pada tahun 1999 dan diselesaikan di luar pengadilan untuk undisclosed sum, dengan persyaratan yang memungkinkan Corel lima tahun hak eksklusif untuk gambar.
  • South Park karakter, pemandangan, dan alat peraga diambil dengan menggunakan CorelDRAW. [7]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar